Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya Utara: Menjejaki Kehidupan Sunan Ampel

Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata religi yang menarik, salah satunya adalah Sunan Ampel di Surabaya Utara. Sunan Ampel adalah salah satu dari sembilan wali Songo dan salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam di pulau Jawa. Beliau dikenal sebagai penyebar agama Islam yang berhasil mengislamkan banyak orang di Jawa Timur pada masa itu.

Dalam wisata religi Sunan Ampel, para pengunjung dapat menjejaki kehidupan Sunan Ampel dan juga menikmati keindahan arsitektur Masjid Agung Sunan Ampel yang sangat terkenal. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Surabaya dan menjadi tempat ziarah bagi umat Islam di Indonesia maupun mancanegara.

Daftar Isi Artikel

Sejarah Sunan Ampel

Sunan Ampel lahir di Champa sekitar 1400 Masehi. Beliau merupakan putra salah satu sultan Cham, Sultan Malik ul Salih. Sunan Ampel diperkenalkan dengan agama Islam melalui ayahnya sendiri. Setelah beliau menjadi seorang ulama, beliau berkelana ke berbagai daerah untuk menyebarkan agama Islam. Salah satu tempat yang beliau singgahi adalah Banyuwangi, dimana kemudian beliau mendirikan pondok pesantren untuk mengajarkan Islam.

Pada saat itu, Banyuwangi merupakan sentra perdagangan yang sangat ramai. Sunan Ampel mengajarkan ajaran Islam dengan cara yang sangat mudah dipahami oleh para pedagang dan warga sekitar. Setelah berhasil mengajarkan Islam, beliau kemudian berkunjung ke Surabaya dan mendirikan Masjid Agung Sunan Ampel.

Keindahan Masjid Agung Sunan Ampel

Wisata religi Sunan Ampel tidak lengkap tanpa mengunjungi Masjid Agung Sunan Ampel. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik. Masjid ini memiliki keramik cina sebagai lantainya dan tembok-temboknya terbuat dari batu bata merah. Masjid ini juga terkenal dengan satu sisi bangunannya yang berwarna putih khas Arab.

Di dalam Masjid Agung Sunan Ampel, para pengunjung dapat melihat berbagai hiasan seperti kaligrafi Arab dan gambar-gambar yang menceritakan kisah-kisah keislaman. Di dalam Masjid Agung Sunan Ampel juga terdapat makam Sunan Ampel yang menjadi tempat ziarah bagi umat Islam.

Lokasi dan Fasilitas

Wisata religi Sunan Ampel terletak di Jalan Ampel Masjid Nomor 12, Surabaya Utara. Tempat ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk dapat masuk ke dalam Masjid Agung Sunan Ampel, para pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Di sekitar Masjid Agung Sunan Ampel juga terdapat berbagai fasilitas seperti tempat parkir yang luas dan warung-warung makanan yang menjual makanan-makanan khas Surabaya. Tak hanya itu, di sekitar Masjid Agung Sunan Ampel juga terdapat banyak pedagang baju dan pusat oleh-oleh yang menawarkan berbagai macam produk lokal.

Kesimpulan

Wisata religi Sunan Ampel di Surabaya Utara adalah tempat ziarah yang sangat penting bagi umat Islam di Indonesia. Masjid Agung Sunan Ampel yang terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan unik serta makam Sunan Ampel di dalamnya menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Selain itu, di sekitar Masjid Agung Sunan Ampel juga terdapat berbagai fasilitas yang memudahkan para pengunjung yang ingin berwisata di Surabaya Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *