Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Memahami Spiritualitas Tanah Jawa

Jawa Timur dikenal sebagai daerah penghasil tokoh-tokoh ulama ternama. Salah satu ulama yang memiliki pengaruh besar di Jawa Timur adalah Sunan Ampel. Sunan Ampel merupakan salah satu wali songo yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Jawa. Makam Sunan Ampel yang terletak di daerah Ampel, Surabaya menjadi tempat ziarah bagi umat Islam.

Daftar Isi Artikel

Sejarah Sunan Ampel

Sunan Ampel lahir dengan nama Raden Rahmat pada tahun 1401 di Pemalang, Jawa Tengah. Beliau adalah keturunan dari raja-raja Majapahit yaitu Raden Wijaya dan Raden Gajah Mada. Sunan Ampel menghabiskan masa kecilnya di Demak dan menjadi murid Syekh Datuk Kahfi di Masjid Agung Demak. Beliau juga mengikuti ajaran Syekh Siti Jenar, salah satu ulama yang kontroversial.

Selama hidupnya, Sunan Ampel berdakwah dan memberikan pelajaran agama Islam di daerah Jawa Timur. Beliau juga memiliki banyak murid yang kemudian menjadi ulama ternama seperti Sunan Giri, Sunan Drajat, dan Sunan Bonang.

Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel terletak di Kompleks Makam Sunan Ampel, Jl. Ampel Masjid No.21, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur. Makam tersebut berada di dalam kompleks masjid yang memiliki arsitektur yang khas. Masjid yang dibangun pada abad ke-15 ini memiliki beberapa bagian seperti pendopo, surau, dan mihrab. Selain itu, di kompleks makam juga terdapat beberapa makam wali songo yang lain seperti Sunan Bonang dan Sunan Giri.

Setiap harinya, banyak orang yang datang ke makam Sunan Ampel untuk berziarah dan mengambil berkah. Para pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur masjid dan merenungkan kehidupan Sunan Ampel yang penuh ibadah.

Keutamaan Ziarah ke Makam Sunan Ampel

Ziarah ke makam Sunan Ampel memiliki banyak keutamaan di dalam agama Islam. Sunan Ampel dikenal sebagai tokoh yang memiliki akhlak yang baik dan jiwanya sangat mendekat kepada Allah. Para pengunjung yang berziarah diharapkan dapat merenungkan ajaran-ajaran beliau dan mengambil hikmah untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ziarah ke makam Sunan Ampel juga dapat membuka pintu rezeki dan kesuksesan. Hal tersebut terkait dengan keutamaan berziarah ke makam orang-orang sholeh yang telah wafat.

Aktivitas Wisata Religi di Kompleks Makam Sunan Ampel

Di kompleks makam Sunan Ampel, terdapat banyak kegiatan wisata religi yang dapat dilakukan oleh para pengunjung. Beberapa di antaranya adalah:

1. Ziarah Kubur

Ziarah kubur adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh para pengunjung. Dalam kegiatan ini, pengunjung dapat berziarah ke makam Sunan Ampel dan seluruh wali songo yang terletak di kompleks itu.

2. Shalat Jumat di Masjid Agung Ampel

Masjid Agung Ampel merupakan masjid yang dibangun oleh Sunan Ampel pada abad ke-15. Masjid tersebut memiliki arsitektur yang sangat khas dan menjadi kebanggaan warga Surabaya. Setiap Jumat, banyak jamaah yang datang untuk melaksanakan shalat Jumat di masjid ini.

3. Belajar Mengaji

Di kompleks makam Sunan Ampel, terdapat banyak pengajian dan kegiatan belajar mengaji yang dapat diikuti oleh masyarakat setempat.

4. Merenung

Terlepas dari kegiatan ziarah dan beribadah, para pengunjung dapat menikmati suasana tenang dan merenungkan kehidupan Sunan Ampel yang penuh kebaikan.

Kesimpulan

Ziarah ke makam Sunan Ampel merupakan salah satu aktivitas wisata religi yang dapat dilakukan di Surabaya. Selain berziarah, terdapat banyak kegiatan lain seperti shalat Jumat, belajar mengaji, dan merenung. Para pengunjung dapat merasakan suasana spiritualitas yang kuat di kompleks makam Sunan Ampel dan mengambil hikmah untuk kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara baik saat berkunjung ke tempat ini seperti berpakaian sopan dan menghormati tempat suci tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *