Wisata Makam Sunan Giri yang Mengagumkan

Jawa Timur adalah rumah bagi banyak makam sufi terkenal di Indonesia. Satu di antaranya adalah makam Sunan Giri, yang terletak di Desa Mantup, Kecamatan Gresik. Makam ini menjadi salah satu daya tarik wisata religi di Jawa Timur dan membuat banyak peziarah datang untuk berziarah dan beribadah.

Daftar Isi Artikel

Sejarah Makam Sunan Giri

Sunan Giri adalah seorang sufi Islam yang terkenal di Jawa Timur. Ia lahir di Giri, Jawa Timur pada abad ke-15 dan meninggal pada tahun 1545. Selama hidupnya, Sunan Giri memiliki banyak pengikut dan pengaruh besar di kalangan masyarakat Jawa Timur. Bahkan, ia dianggap sebagai salah satu Wali Songo yang penting dalam sejarah Islam di Indonesia.

Makam Sunan Giri dibangun di lokasi tempat beliau meninggal. Menurut sejarah, Sunan Giri menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk berdakwah dan membimbing umat Islam. Oleh karena itu, makamnya menjadi tempat penting bagi para peziarah dan muslim yang ingin merayakan kehidupannya.

Keindahan Makam

Makam Sunan Giri memiliki arsitektur yang sangat menarik dan mengagumkan. Terletak di atas bukit, seluruh bangunan terbuat dari batu bata dan marmer yang indah. Berbagai ornamen dan patung-patung kuno melengkapi tampilan makam tradisional. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas di sekitar makam untuk memudahkan peziarah dalam mengikuti kegiatan keagamaan, seperti masjid dan toilet umum.

Kegiatan di Makam Sunan Giri

Setiap tahun, ada banyak kegiatan yang diadakan di Makam Sunan Giri. Acara paling menarik adalah peringatan hari ulang tahun Sunan Giri pada tanggal 9 Suro (kalender Jawa). Peziarah datang dari berbagai daerah untuk berziarah dan merayakan kehidupan Sunan Giri. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain shalawatan, doa bersama, dan pengajian agama.

Namun, selama sepanjang tahun, peziarah juga dapat melakukan kegiatan ibadah lainnya di Makam Sunan Giri, seperti wirid, dzikir, dan shalat. Makam ini juga menjadi pusat kegiatan belajar mengaji bagi anak-anak dan remaja di sekitar desa.

Rute Menuju Wisata

Untuk mencapai Makam Sunan Giri, bisa ditempuh melalui jalan darat dari Surabaya atau Malang. Dari Surabaya, perjalanan memakan waktu sekitar satu jam dengan mobil atau motor. Dari Malang, perjalanan memakan waktu sekitar dua setengah jam dengan mobil atau motor.

Untuk referensi lebih lengkap, terdapat rute ke Makam Sunan Giri di situs web pariwisata Jawa Timur.

Penutup

Makam Sunan Giri merupakan tempat yang sangat berarti bagi umat Islam di Jawa Timur dan Indonesia. Selain sebagai tempat ziarah dan ibadah, juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan belajar mengaji. Keindahan arsitektur dan lingkungan yang bersih dan sejuk juga menjadi daya tarik sendiri bagi peziarah.

Untuk pengalaman wisata religi yang mendalam di Jawa Timur, Makam Sunan Giri adalah tempat yang wajib dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *