Wisata Kuliner yang Terkenal di Makassar

Makassar dikenal sebagai kota yang menyajikan berbagai kuliner lezat. Bagi para pecinta kuliner, mengunjungi Makassar tidak lengkap tanpa menikmati makanan yang terkenal di kota tersebut. Di dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa wisata kuliner yang terkenal di Makassar.

Daftar Isi Artikel

Coto Makassar

Coto Makassar adalah hidangan khas Makassar yang terbuat dari jeroan sapi yang dimasak dengan bumbu khas. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan ketupat, irisan ketimun, dan bawang goreng. Coto Makassar biasanya dimakan sebagai sarapan atau makan malam.

Konro Bakar

Konro Bakar adalah hidangan daging iga sapi yang dipanggang dengan bumbu khas Makassar. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih dan sambal. Konro Bakar terkenal akan rasa daging yang empuk dan bumbu yang lezat.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah hidangan manis terkenal di Makassar yang terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan hijau dari tepung ketan dan santan. Hidangan ini kemudian disajikan bersama dengan es serut, sirup, dan kacang hijau. Es Pisang Ijo biasanya dihidangkan sebagai penutup makanan.

Pallubasa

Pallubasa adalah hidangan kuah pedas khas Makassar yang terbuat dari daging sapi atau babi dan direbus dengan bumbu khas Makassar. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan ketupat atau buras. Pallubasa terkenal akan rasa kuah pedas yang kental dan daging yang empuk.

Mie Titi

Mie Titi adalah hidangan mie khas Makassar yang terbuat dari mie kuning yang disajikan bersama dengan irisan daging sapi atau babi, telur, dan irisan daun bawang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kental. Mie Titi sangat terkenal di Makassar karena rasa mie yang lembut dan empuk.

Sop Saudara

Sop Saudara adalah hidangan sup khas Makassar yang terbuat dari daging iga sapi atau babi yang dimasak dengan bumbu khas. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih dan sambal. Sop Saudara terkenal dengan rasa supnya yang gurih dan daging yang empuk.

Pisang Epe

Pisang Epe adalah hidangan camilan manis yang terbuat dari pisang yang dipipihkan dan dipanggang hingga berwarna kecoklatan kemudian disajikan bersama dengan saus santan dan gula merah. Hidangan ini biasanya dihidangkan sebagai penutup makanan atau camilan sore.

Cilok

Cilok adalah camilan khas Makassar yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan diberi bumbu. Hidangan ini biasanya dimakan dengan saus kacang atau saus sambal. Cilok sangat terkenal di Makassar karena rasanya yang gurih dan kenyalnya adonan.

Bakso Sapi Pensi

Bakso Sapi Pensi adalah hidangan bakso khas Makassar yang terbuat dari daging sapi cincang yang digiling halus dan dicampur dengan berbagai bahan lain seperti bawang putih, telur, dan penyedap rasa. Hidangan ini biasanya disajikan dengan mie dan kuah bakso yang kental.

Jalangkote

Jalangkote adalah hidangan gorengan khas Makassar yang terbuat dari adonan terigu yang diisi dengan daging cincang, wortel, dan bengkuang. Hidangan ini kemudian digoreng hingga kecoklatan. Jalangkote biasanya disajikan bersama dengan saus sambal dan acar.

Dari beberapa wisata kuliner yang terkenal di Makassar di atas, pastinya ada beberapa yang kamu favoritkan dan ada juga yang belum kamu coba. Ayo, terus jelajahi kuliner Indonesia dan temukan kuliner-kuliner terbaik yang hanya bisa kamu nikmati di daerah tertentu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *