Wisata Kuliner Wajib di Bali

Bali, sebuah pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki kuliner yang sangat lezat dan menjadi daya tarik wisatawan. Berikut adalah beberapa wisata kuliner wajib di Bali yang harus dicoba.

Daftar Isi Artikel

1. Sate Lilit

Sate lilit adalah hidangan khas Bali yang terbuat dari daging ikan atau daging ayam yang dicincang dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, serai serta dicampur dengan kelapa parut. Setelah itu adonan dimasukkan ke dalam tusuk sate bambu dan dibakar. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal matah, sebuah sambal khas Bali yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, tomat, serai, daun jeruk purut, serta minyak kelapa.

2. Lawar

Lawar adalah hidangan Bali yang terbuat dari sayuran atau daging yang dicincang halus dan dicampur dengan bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, serai, serta petis. Ada juga jenis lawar yang menggunakan darah babi atau ayam sebagai campuran. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sate lilit.

3. Bebek Betutu

Bebek betutu adalah hidangan khas Bali yang terbuat dari bebek yang dimasak dengan bumbu yang sangat khas. Bebek diisi dengan bumbu seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, serai, daun jeruk purut, daun salam, gula, garam dan rempah-rempah lainnya. Setelah itu bebek dimasukkan ke dalam daun pisang dan lebih lanjut dikukus selama beberapa jam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi serta sambal.

4. Nasi Campur Bali

Nasi campur Bali adalah hidangan yang terdiri dari nasi putih, lauk pauk seperti sate lilit, lawar, bebek betutu, serta beberapa jenis makanan kecil seperti krupuk dan telur dadar. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal matah, serta beberapa tetes perasan jeruk nipis.

5. Babi Guling

Babi guling merupakan hidangan yang terbuat dari daging babi yang utuh, dibumbui, kemudian dipanggang di atas tungku dari kayu bakar. Babi yang dipanggang ini biasanya diiris tipis dan disajikan dengan nasi, sambal matah, serta potongan kerupuk.

6. Es Campur

Es campur adalah minuman dingin segar yang terdiri dari es serut yang dicampur dengan sirup, buah-buahan potong, ketan hitam, kacang hijau, dan jeruk nipis. Es campur sangat cocok untuk menyegarkan diri saat sedang berada di bawah terik matahari Bali.

Bali memiliki banyak ragam kuliner yang sangat lezat dan menjadi daya tarik wisatawan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba beberapa hidangan khas Bali ketika berkunjung ke pulau Bali. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *