Wisata Kuliner Sunda di Bandung: Nikmati Kelezatan Kuliner Khas Sunda di Kota Kembang

Bandung adalah sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya serta kuliner khas Sunda yang lezat. Berbicara tentang kuliner sunda di bandung, rasanya tidak lengkap tanpa membahas makanan-makanan khas yang wajib dicoba. Mulai dari nasi timbel, pepes ikan, sate maranggi, dan masih banyak lagi. Inilah beberapa kuliner khas sunda yang bisa Anda coba di Bandung.

Daftar Isi Artikel

Nasi Timbel

Nasi timbel adalah salah satu makanan yang populer di Bandung. Makanan ini terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang dan biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti tahu, tempe, ayam goreng, sambal, dan lain sebagainya. Bagi pencinta kuliner sunda, nasi timbel ini wajib untuk dicicipi.

Di Bandung, Anda bisa menemukan nasi timbel di berbagai rumah makan, namun salah satu tempat yang menghidangkan nasi timbel yang paling enak adalah Saung Desa. Saung Desa terletak di Jalan Rancakendal Luhur No. 15, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pepes Ikan

Pepes ikan juga merupakan salah satu kuliner khas sunda di Bandung yang wajib dicoba. Makanan ini terbuat dari ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Rasa ikan yang lezat dan rempah-rempah yang menyerap pada ikan, membuat pepes ikan menjadi salah satu makanan yang enak dan menggugah selera.

Di Bandung, Anda bisa mencoba pepes ikan di Restoran Ciseeng. Restoran Ciseeng terletak di Jalan Ciseeng No. 2, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sate Maranggi

Satu lagi kuliner khas sunda di Bandung yang wajib dicoba adalah sate maranggi. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan dibakar dengan bumbu kacang. Sate maranggi biasanya disajikan dengan nasi, ketupat, atau lontong dan ditambah dengan sambal dan bawang goreng.

Di Bandung, ada banyak tempat yang menyajikan sate maranggi yang enak, namun salah satu tempat yang wajib untuk Anda coba adalah Sate Maranggi H. Nurdi. Sate Maranggi H. Nurdi terletak di Jalan Cibadak No. 235A, Coblong, Bandung, Jawa Barat.

Bubur Ayam

Bubur ayam juga merupakan salah satu kuliner sunda yang populer di Bandung. Makanan ini terbuat dari beras yang dikukus dengan tambahan irisan ayam, cakwe, bawang goreng, saus kacang, dan lain sebagainya. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat bubur ayam menjadi makanan yang cocok dijadikan sebagai sarapan atau malam hari.

Di Bandung, Anda bisa mencoba bubur ayam di beberapa tempat, namun salah satu tempat yang terkenal dengan bubur ayamnya adalah Bubur Ayam Mang Udin. Bubur Ayam Mang Udin terletak di Jalan Burma No. 6, Lengkong, Bandung, Jawa Barat.

Es Cincau Hijau

Setelah menikmati kuliner sunda di Bandung, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi es cincau hijau. Minuman ini terbuat dari cincau hijau yang dipadukan dengan santan kental, gula aren, es, dan ditambah dengan sirup cocopandan. Es cincau hijau ini sangat cocok untuk dinikmati di siang hari ketika cuaca sedang panas.

Di Bandung, salah satu tempat yang terkenal dengan es cincau hijaunya adalah Toko You. Toko You terletak di Jalan Kebon Kawung No.44, Kebon Kawung, Bandung, Jawa Barat.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa kuliner sunda di Bandung yang wajib Anda coba. Dari nasi timbel, pepes ikan, sate maranggi, hingga bubur ayam, semua makanan ini rasanya sangat lezat dan menggugah selera. Jangan lupa pula mencicipi es cincau hijau di Kota Kembang yang segarnya bikin nagih. Jika Anda mencari penginapan di Bandung, kami merekomendasikan hotel di kawasan dekat dengan restoran-restoran yang menyajikan kuliner sunda yang enak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *