Wisata Kuliner Jawa Timur: Menikmati Gurihnya Hidangan Khas Jawa Timur

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner yang tidak kalah menariknya. Provinsi yang terletak di Pulau Jawa ini memiliki aneka ragam hidangan khas yang menggugah selera. Tak heran jika wisata kuliner Jawa Timur selalu menjadi salah satu tujuan wisata yang populer bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berbicara tentang wisata kuliner Jawa Timur, kita tentu tidak bisa melewatkan beberapa hidangan spesial yang menjadi ikon kuliner di provinsi ini. Beberapa di antaranya adalah:

Daftar Isi Artikel

Rawon

Rawon adalah salah satu hidangan khas Jawa Timur yang terkenal. Hidangan yang berupa soto dengan kuah gurih dan warna hitam ini dibuat dari bumbu rempah seperti kluwek, kunyit, jahe, dan bawang putih. Daging sapi atau babi yang telah dimasak terlebih dahulu kemudian ditambahkan ke dalam kuah rawon yang menggugah selera. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan nasi, tauge, dan irisan telur asin.

Sate Kambing

Sate kambing merupakan hidangan khas Jawa Timur yang populer di seluruh Indonesia. Hidangan yang terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusuk sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis. Tak hanya dijadikan hidangan utama, sate kambing juga sering dijadikan cemilan atau camilan saat santai.

Lontong Balap

Lontong balap adalah hidangan khas Jawa Timur yang berupa ketupat atau lontong yang diisi dengan lentho atau bakwan sayur, tahu goreng, dan taoge. Selain itu, hidangan ini juga disajikan dengan kuah kacang yang gurih dan bercita rasa khas. Biasanya, lontong balap dijual di warung-warung kecil di Jawa Timur dengan harga yang sangat terjangkau.

Bebek Goreng

Bebek goreng atau bebek goreng Pak Ndut merupakan hidangan khas Jawa Timur yang sangat populer. Hidangan yang terbuat dari bebek yang digoreng renyah ini disajikan dengan sambal dan nasi. Bebek goreng Pak Ndut menjadi salah satu ikon kuliner di Surabaya dan banyak dijual di berbagai tempat seperti restoran, warung, dan kaki lima.

Rujak Cingur

Rujak cingur adalah hidangan khas Surabaya yang berupa campuran sayuran seperti timun, kacang panjang, dan kangkung yang dicampur dengan tauge, lontong, dan irisan cingur atau mulut sapi. Semua bahan kemudian disiram dengan kuah rujak yang terbuat dari petis udang, gula, garam, dan air asam. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan harus dicoba saat berkunjung ke Surabaya.

Nah, itu dia beberapa hidangan khas Jawa Timur yang wajib dicoba saat berkunjung ke provinsi ini. Selain hidangan di atas, masih banyak lagi hidangan lezat lainnya yang bisa kamu temukan di Jawa Timur seperti nasi pecel, tahu campur, nasi tumpang, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi, jangan lupa untuk mencicipi aneka ragam hidangan khas Jawa Timur saat kamu berwisata ke provinsi ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati gurihnya hidangan khas Jawa Timur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *