Wisata Kuliner Favorit Semarang

Semarang, kota yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa ini terkenal dengan ragam kuliner khasnya yang lezat dan nikmat. Tidak hanya menggugah selera, tapi juga menyajikan kelezatan yang berbeda dan unik dari daerah-daerah lainnya.

Bagi Anda yang kebetulan sedang mencari wisata kuliner di Semarang, berikut adalah beberapa rekomendasi yang tidak boleh Anda lewatkan.

Daftar Isi Artikel

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang tidak perlu diragukan lagi menjadi makanan favorit di Semarang. Kulit lumpia yang tipis dan ringan memuat isian rebung, telur, tauge, dan udang yang lezat. Tidak lupa pedas manis dan saus lumpia yang menjadi pelengkapnya.

Sate Klopo

Sate Klopo adalah makanan khas dari daerah Jawa Tengah, salah satunya adalah di Semarang. Sate ini terdiri dari potongan daging ayam atau sapi yang ditusuk berdampingan dengan parutan kelapa yang disajikan bersama bumbu kacang yang khas.

Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah soto khas Semarang yang terbuat dari daging ayam dan babat yang digoreng dan direbus dengan bumbu yang segar dan beraroma wangi. Tidak ketinggalan juga suwiran ketupat, tauge, dan sayur irisan sebagai pelengkapnya.

Nasi Ayam Bu Djum

Nasi Ayam Bu Djum merupakan nasi ayam khas Semarang yang nikmat dengan cita rasa unik dan spesial. Daging ayam yang empuk, kremes renyah, dan sambal khas Semarang yang super pedas menjadi sajian yang dinanti-nanti.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah makanan khas dari Kota Semarang. Potongan tahu yang digoreng, lalu disajikan bersama dengan gimbal yang terbuat dari tepung kanji dan isian udang. Tak lupa saos kacang yang kental membuat cita rasa Tahu Gimbal ini menjadi semakin nikmat.

Es Pleret

Es Pleret adalah minuman khas Semarang yang terbuat dari hunkwe, ketan hitam, dan cincau yang disiram dengan sirup gula aren dan ditambah es serut. Cocok dikonsumsi pada siang yang panas itu membuat Anda semakin merasakan sensasi Semarang.

Es Cendol Dawet

Es Cendol Dawet adalah minuman dingin hasil dari perpaduan santan, gula merah, air daun pandan dan beras ketan yang dicampurkan dengan tetesan es serut. Tak lupa adanya cendol di dalamnya membuat rasa es dawet ini semakin nikmat dan lezat.

Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman khas Semarang yang terbuat dari bola-bola ketan berisi kacang hijau yang direbus dengan air jahe dan gula merah. Ditambahkan juga kelapa parut dan potongan jahe yang membuat cita rasanya sangat khas dan tersendiri.

Kesimpulan

Demikian beberapa rekomendasi wisata kuliner di Semarang yang harus Anda kunjungi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari dan menemukan kuliner khas Semarang yang patut untuk dicoba. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *