Wisata Kuliner Enak di Cirebon

Cirebon, sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal dengan keanekaragaman budayanya juga menjadi magnet bagi setiap penggemar kuliner yang ingin mencoba berbagai macam hidangan khas yang hanya ditemukan di daerah ini. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata kuliner enak di Cirebon yang wajib dikunjungi.

Daftar Isi Artikel

Sate Kalong

Sate Kalong adalah sate terkenal di Cirebon yang memiliki cita rasa yang unik dan tekstur daging yang empuk. Sate Kalong ini terbuat dari daging ayam, sapi atau kambing yang disajikan dengan bumbu kacang yang sangat lezat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi timbel dan lalapan yang segar.

Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu makanan khas Cirebon yang sangat terkenal. Empal gentong ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah santan yang sangat kental dan rempah-rempah yang membuatnya semakin nikmat. Anda juga bisa menambahkan sambal dan nasi putih untuk menikmati hidangan yang satu ini.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang terkenal di seluruh Indonesia. Nasi Jamblang ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan daun jati yang memberikan aroma dan rasa yang khas. Kemudian nasi ini disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk seperti ayam goreng, dendeng, empal dan masih banyak lagi.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal di Cirebon. Tahu gejrot ini terbuat dari tahu yang dipotong-potong, kemudian diberi bumbu seperti petis, saus tomat, dan bawang goreng. Tahu gejrot ini biasanya disajikan dengan kerupuk sebagai pelengkap.

Lotek

Lotek adalah makanan yang terkenal di Cirebon, bahkan hampir seluruh Indonesia mengenal makanan ini. Lotek terdiri dari sayur-sayuran yang direbus seperti kacang panjang, kol, tauge, kemudian diberi bumbu kacang yang lezat dan ditaburi dengan bawang goreng. Lotek ini biasanya disajikan dengan lontong atau nasi putih.

Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu adalah minuman khas Cirebon yang terbuat dari dawet, santan, dan gula merah. Es Dawet Ayu ini sangat cocok untuk dinikmati di siang hari yang panas atau setelah makan makanan pedas.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner enak di Cirebon yang dapat Anda kunjungi. Jangan lupa untuk mencoba hidangan-hidangan tersebut dan bagikan pengalaman Anda kepada teman dan keluarga. Selamat berwisata kuliner di Cirebon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *