Wisata Kuliner di Kuningan, Jawa Barat

Jawa Barat punya banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Kuningan. Selain terkenal akan keindahan pemandangan alamnya, Kuningan juga terkenal sebagai tempat yang kaya akan kuliner lezat. Jumlah pengunjung yang datang ke Kuningan untuk menikmati kuliner lezat semakin meningkat dari hari ke hari. Inilah beberapa wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kuningan, Jawa Barat.

Daftar Isi Artikel

1. Nasi Jamblang Ibu Nur

Merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah sangat terkenal sejak lama, nasi jamblang merupakan menu wajib yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Kuningan. Nasi jamblang Ibu Nur menjadi salah satu pilihan terbaik karena citarasanya yang khas. Ibu Nur sendiri telah menjalankan usaha ini sejak tahun 1950-an. Restoran ini menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas untuk membuat nasi jamblang mereka. Karena kelezatannya, tempat ini sering ramai dikunjungi oleh wisatawan.

2. Sop Ayam Pak Min Kuningan

Sop ayam Pak Min juga menjadi salah satu makanan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Kuningan. Secara umum, sop ayam ini sama dengan sop ayam pada umumnya, namun apa yang membuat sop ayam ini istimewa adalah olahan ayam yang empuk dan kuahnya yang gurih lezat. Untuk menambah cita rasa, kamu juga bisa menambahkan sate yang tersedia di tempat ini.

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah makanan yang favorit di Kuningan, terbuat dari daging sapi muda yang dipotong kecil-kecil kemudian dibakar di atas arang. Setelah matang, daging disajikan dengan racikan kecap khas dan bumbu yang sangat nikmat. Ada beberapa tempat di Kuningan yang menyajikan sate maranggi, salah satunya adalah Sate Maranggi Cibitung. Tempat ini menyajikan sate maranggi yang empuk dan bumbunya sangat lezat.

4. Empal Gentong Haji Apud

Makanan ini merupakan hidangan yang terkenal di daerah Cirebon, namun empal gentong yang ada di Kuningan juga terkenal lezat. Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu warung kuliner legendaris di Kuningan yang sudah ada sejak tahun 1967. Daging sapi dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan cara yang istimewa sehingga sangat empuk dan lezat.

5. Mie Ayam Kampus

Mie ayam kampus menjadi salah satu makanan favorit bagi para mahasiswa di Kuningan. Muchlis, pemilik mie ayam kampus ini menggunakan resep yang sudah diwariskan oleh keluarganya dari dulu. Mie yang digunakan adalah mie pangsit yang dibuat sendiri dan kuahnya dibuat dengan bahan-bahan tradisional. Mie ayam kampus ini memiliki citarasa yang khas dan menjadi andalan muchlis.

Kesimpulan:

Kuningan, Jawa Barat memiliki banyak sekali wisata kuliner yang menarik dan lezat. Semua makanan yang disajikan di tempat-tempat yang kami rekomendasikan di atas memiliki keunikan masing-masing dan sangat layak untuk dicicipi. Jangan ragu untuk mencoba kuliner di daerah ini karena kamu pasti tidak akan menyesalinya. Segera berkunjung ke Kuningan dan nikmati lezatnya makanan khas dari daerah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *