Wisata Kuliner di Cirebon: Nikmati Kelezatan Kuliner Khas

Cirebon, sebuah kota di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata menarik, terutama menyangkut kuliner. Makanan tradisional Cirebon sangat diakui oleh masyarakat Indonesia dan dunia karena rasanya yang unik dan menggoda. Jadi, apakah Anda berencana untuk mencoba wisata kuliner di Cirebon? Artikel ini akan memberikan referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Daftar Isi Artikel

Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan tradisional Cirebon yang paling terkenal. Terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kaldu daging sapi, bubuk rempah-rempah, bawang putih, bawang merah, dan daun jeruk. Empal gentong dihidangkan dengan nasi putih, sambal terasi, dan cincangan daun bawang.

Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah makanan berupa nasi yang disiram dengan bumbu kacang, sayuran mentah seperti taoge, kol, terong, dan kacang panjang. Disajikan dengan emping atau kerupuk dan di taburi petis dan bawang goreng.

Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah makanan yang dibuat dari tahu yang digoreng kemudian dicelupkan ke dalam air berisi bumbu mengandung kecap, cuka, gula, garam, cabai rawit, dan bawang putih. Rasanya benar-benar enak, manis, asam, dan pedas sekaligus.

Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah makanan berupa nasi yang disajikan dengan lauk berupa sayur, tahu, tempe goreng, telur dan sambal ulek. Dipercaya berasal dari daerah Jamblang, Cirebon.

Sayur asem

Sayur asem adalah makanan berupa sayur yang terdiri dari nangka muda, labu siam, kacang panjang, jagung muda, terung, dan daun melinjo. Menu ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi.

Mie Koclok

Mie koclok adalah makanan berupa mi kuning yang dimasak dengan kuah koclok dari daging sapi, ayam, telur dan rempah-rempah. Dari segi rasa, mie koclok sangat khas karena kuah kocok berwarna putih bening dan rasanya pedas dan gurih.

Tahu Suwir

Tahu suwir atau tahu tek adalah salah satu makanan enak di Cirebon, berupa tahu yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng. Rasanya sangat gurih dan renyah. Makanan ini biasanya disajikan bersama tempe goreng dan sambal.

Sate Kambing

Sate kambing adalah salah satu makanan yang terkenal di Cirebon. Daging kambing yang dipotong tipis kemudian dipanggang dengan arang. Dalam satu tusuk sate minimal ada 5 potong daging yang sudah dibumbui kemudian disajikan dengan kecap manis dan taburan bawang goreng.

Jenang Cirebon

Jenang adalah makanan penutup khas Cirebon yang terbuat dari ketan hitam dan gula cair. Rasanya manis dan gurih dan sangat cocok diminum bersama teh tawar.

Kesimpulannya, kuliner Cirebon sangat kaya akan rasa dan bahan alami. Makanan-makanan ini cocok dijadikan sarapan, makan siang atau makan malam. Setelah membaca artikel ini, jangan lupa untuk mencoba kelezatan makanan-makanan tersebut ketika berkunjung ke Cirebon. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *