Wisata Kuliner Bandung Kota

Bandung kota dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki wisata kuliner yang cukup lengkap dan bervariasi. Tidak hanya menyajikan kuliner asli Sunda, tetapi juga menyajikan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari luar negeri. Berikut adalah beberapa wisata kuliner populer di Bandung kota.

Daftar Isi Artikel

Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan kuliner khas Sunda yang paling terkenal di Bandung. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil, dipanggang dengan arang, dan disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Salah satu tempat yang paling terkenal untuk menikmati Sate Maranggi adalah di Rumah Makan Sate Maranggi H. Agus Salim.

Siomay Batagor

Siomay dan Batagor adalah dua jenis kuliner yang menjadi ikon wisata kuliner di Bandung. Siomay terbuat dari ikan tenggiri yang diolah dengan bahan-bahan tepung dan rempah-rempah, kemudian disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Sedangkan Batagor terbuat dari ikan tenggiri dan tepung yang dicetak bulat dan digoreng, lalu disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Siomay Batagor adalah di Kingsley.

Mie Kocok

Mie Kocok adalah kuliner khas Sunda yang terbuat dari mie berkuah yang diisi dengan daging sapi, tahu, dan sayur-sayuran. Mie ini disajikan dengan kuah kental yang khas dan irisan daging sapi yang empuk. Salah satu tempat yang paling terkenal untuk menikmati Mie Kocok adalah di Mie Kocok Akem yang berlokasi di Jalan Kebon Jukut.

Cireng

Cireng adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti daging sapi cincang, tahu, atau udang. Cireng kemudian digoreng dan disajikan dengan bumbu kacang. Cireng yang terkenal di Bandung adalah Cireng Salju yang berlokasi di Jalan Veteran.

Bakso

Bakso adalah kuliner yang terbuat dari daging yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka, kemudian dibentuk bulat dan direbus. Bakso disajikan dengan kuah kaldu yang khas dan tambahan bahan-bahan seperti mie, tahu, dan pangsit. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Bakso di Bandung adalah di Bakso President.

Makanan Padang

Makanan Padang adalah kuliner asli dari Sumatera Barat yang juga sangat populer di Bandung. Makanan Padang terkenal dengan beragam hidangan yang disajikan dalam satu meja, termasuk gulai, rendang, ayam pop, sayur nangka, dan banyak lagi. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Makanan Padang di Bandung adalah di RM. Sederhana.

Es Campur

Es Campur adalah minuman segar yang terdiri dari es serut yang dicampur dengan bahan-bahan seperti kacang hijau, cincau, nata de coco, buah naga, dan sirup. Es Campur yang terkenal di Bandung adalah Es Campur Akiaw yang berlokasi di Jalan Aceh.

Es Durian

Es Durian adalah minuman segar yang terbuat dari durian yang dihancurkan dan dicampur dengan air, susu, dan gula. Minuman ini sangat populer di Bandung dan biasanya dijual di tempat-tempat yang khusus menjual makanan dan minuman dari durian. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Es Durian di Bandung adalah di Durian Ucok.

Itulah beberapa wisata kuliner populer di Bandung kota. Tak hanya enak, kuliner-kuliner tersebut juga sangat terjangkau bagi semua kalangan. Jangan lupa mencoba kuliner-kuliner tersebut ketika berkunjung ke Bandung nanti!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *