Wisata Kuliner Bandung 2023

Bandung, kota metropolitan terbesar kedua di Jawa Barat, terkenal dengan wisata kuliner yang beraneka ragam cita rasa dan sangat menggugah selera. Menjadi pusat perdagangan dan industri di kawasan Barat Pulau Jawa, Bandung memiliki banyak restoran dan kedai makanan yang menyajikan hidangan khas dan lezat.

Daftar Isi Artikel

Hidangan Tradisional

Salah satu hidangan tradisional terkenal di Bandung adalah Sate Maranggi yang terbuat dari daging sapi yang dipotong-potong dan ditusuk. Disajikan dengan saus kecap pedas dan nasi, membuat hidangan ini sangat cocok untuk dicicipi sambil menikmati liburan anda di Bandung.

Tekwan, hidangan khas Palembang juga bisa ditemukan di Bandung. Terbuat dari ikan tenggiri, tepung sagu, dan rempah-rempah alami, membuat tekwan sangat lezat dan cocok sebagai hidangan pembuka.

Restoran Terkenal

Selain makanan tradisional, Bandung juga terkenal dengan restoran-restoran modern yang menawarkan hidangan khas internasional. Berikut adalah beberapa restoran terkenal di Bandung:

1. The Valley Restaurant

Restoran yang terletak di kawasan Lembang ini menawarkan hidangan khas Balkan seperti Cevapcici, hidangan daging cincang yang lezat. Restoran ini juga memiliki pemandangan yang indah dengan panorama pegunungan Bandung yang menakjubkan.

2. Nanny’s Pavillon

Restoran ini menawarkan menu yang unik dengan tema "Princess House". Terdapat berbagai hidangan dari Asia, Eropa, hingga Amerika. Nanny’s Pavillon juga memiliki dekorasi interior yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat makan yang romantis.

3. The Kiosk Cafe

Restoran ini menawarkan menu western dengan suasana yang cozy dan nyaman. The Kiosk Cafe juga memiliki menu dessert yang sangat lezat dan cocok untuk dinikmati setelah makan malam.

Kuliner Street Food

Jangan lewatkan juga kuliner street food yang bisa ditemukan di Bandung. Berikut beberapa makanan yang wajib dicicipi:

1. Batagor

Batagor atau Baso Tahu Goreng adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari adonan tepung dan ikan tenggiri yang disajikan dengan saus kacang pedas.

2. Siomay

Hidangan siomay juga menjadi salah satu kuliner street food yang wajib dicicipi di Bandung. Siomay adalah hidangan lumpia panggang berisi sayuran dan ikan tenggiri yang disajikan dengan saus kacang pedas.

3. Es Durian

Tidak lengkap rasanya jika berwisata kuliner ke Bandung tanpa mencicipi es durian yang sangat terkenal. Es ini terbuat dari buah durian asli dan disajikan dengan es serut dan susu kental manis.

Kesimpulan

Menikmati wisata kuliner di Bandung akan memanjakan lidah anda dengan aneka ragam hidangan yang lezat dan menggugah selera. Dari hidangan tradisional hingga restoran modern dan kuliner street food, semua bisa anda temukan di kota ini. Jadi, jangan ragu untuk mulai merencanakan perjalanan wisata kuliner anda ke Bandung pada tahun 2023!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *