Wisata Kuliner Alam di Bandung: Mengintip Lezatnya Makanan Tradisional Sunda

Bandung, kota yang terkenal dengan julukan "Paris van Java" ini selalu menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati berbagai keindahan alam serta keunikan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh kota ini. Salah satu daya tarik yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Bandung adalah kuliner alamnya. Kota ini memiliki beragam kuliner alam yang lezat dan menggugah selera. Banyak sekali menu makanan khas dari daerah Bandung yang wajib dicoba. Apa saja kuliner alam yang ada di Bandung? Simak ulasan berikut ini!

Daftar Isi Artikel

Makanan Tradisional Sunda

Makanan tradisional Sunda adalah salah satu kuliner alam terkenal di Bandung. Ada beberapa menu makanan yang wajib dicoba, yaitu:

1. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan khas sunda yang terbuat dari nasi yang dimasak bersama bumbu dan santan kelapa. Nasi liwet biasanya disajikan bersama lauk pauk seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan lalapan. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan lezat.

2. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah salah satu menu favorit di Jawa Barat. Sate ini dibuat dari daging sapi yang dipotong dalam ukuran kecil-kecil, kemudian dibakar dengan arang. Sate ini disajikan bersama nasi atau lontong, serta sambal kacang yang pedas. Rasanya sangat lezat dan menggugah selera.

3. Pepes Ikan

Pepes ikan adalah makanan yang terbuat dari ikan yang dibalut dengan daun pisang dan kemudian dikukus. Ikan yang digunakan bervariasi dari ikan bandeng, lele, patin, hingga gurami. Pepes ikan mempunyai rasa yang gurih dan pedas.

4. Ketan Bakar

Ketan Bakar adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dibakar dengan arang. Ketan yang sudah matang dibalut dengan kelapa parut dan gula merah, kemudian dipanggang hingga matang. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

Makanan Ringan

Selain makanan tradisional Sunda, terdapat juga makanan ringan khas Bandung yang dapat dijadikan camilan. Berikut ini adalah beberapa makanan ringan tersebut:

1. Misro

Misro adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung ketan atau tepung beras yang dicampur gula merah, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Misro memiliki rasa manis dan legit.

2. Misol

Misol adalah makanan ringan berbahan dasar tepung terigu atau ubi jalar yang dicampur dengan irisan daun bawang dan garam. Misol kemudian digoreng hingga matang. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah.

3. Sombro

Sombro adalah makanan ringan yang terbuat dari kentang atau ubi yang dipotong tipis dan kemudian digoreng hingga matang. Sombro biasanya disajikan bersama sambal kacang atau saus tomat. Makanan ini memiliki rasa yang renyah dan gurih.

Tempat Wisata Kuliner

Bagi wisatawan yang ingin mencoba kuliner alam di Bandung, ada beberapa tempat wisata kuliner yang harus dikunjungi, yaitu:

1. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang merupakan tempat wisata kuliner yang sangat populer di Bandung. Di tempat ini terdapat banyak stand kuliner yang menjual makanan tradisional Sunda dan makanan ringan khas Bandung. Selain kuliner, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah.

2. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland adalah tempat wisata kuliner yang menyajikan berbagai macam kuliner alam yang lezat dan menggugah selera. Selain itu, terdapat berbagai atraksi dan wahana bermain yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

3. Surabi Waroeng Setiabudhi

Surabi Waroeng Setiabudhi adalah tempat kuliner yang hanya menghidangkan surabi, yaitu makanan ringan tradisional Sunda yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Surabi yang dihidangkan di tempat ini memiliki rasa yang sangat lezat dan cocok untuk dijadikan camilan.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kuliner alam di Bandung sangatlah beragam dan lezat. Ada banyak sekali menu makanan tradisional Sunda dan makanan ringan khas Bandung yang dapat dijadikan pilihan. Selain itu, terdapat juga banyak tempat wisata kuliner yang dapat dikunjungi. Jangan lupa untuk mencoba kuliner alam di Bandung jika berkunjung ke kota ini. Selamat mencicipi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *