Wisata Edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar Jawa Timur

Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wisata Edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar yang menjadi tempat wisata yang populer.

Daftar Isi Artikel

Sejarah Kampung Coklat

Sejarah Kampung Coklat bermula pada tahun 2009 ketika Koperasi Produsen Kakao dan Kolaborator berkumpul untuk mengembangkan potensi kakao di Blitar. Ide mereka adalah tidak hanya menghasilkan tanaman kakao, melainkan juga menambah nilai dengan mengubahnya menjadi produk olahan seperti coklat.

Proyek ini tidak mudah dilakukan. Terlebih lagi, di awal-awal, para pengembang ini harus belajar tentang cara-cara mengolah coklat dari nol. Namun, Kerja keras mereka tidak sia-sia dan pada tahun 2012, Kampung Coklat resmi dibuka.

Fasilitas Wisata

Kampung Coklat menawarkan pengunjung untuk mengenal lebih dekat tentang penanaman dan pengolahan coklat. Para pengunjung dapat melihat langsung bagaimana buah kakao dipetik, dibelah, dan diangin-anginkan. Selain itu, mereka juga dapat mencicipi berbagai jenis produk olahan coklat seperti coklat batangan, coklat bubuk, coklat susu, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga fasilitas museum mini yang menampilkan berbagai alat-alat dan bahan untuk membuat coklat. Di museum ini, pengunjung dapat belajar tentang sejarah coklat dan bagaimana cara membuat coklat dari awal hingga jadi.

Tidak hanya itu, terdapat juga tempat bermain untuk anak-anak dengan tema coklat. Mereka dapat bermain sepuasnya dengan berbagai macam permainan seperti trampolin, perosotan, dan kincir angin.

Lokasi dan Akses Wisata

Wisata Edukasi Kampung Coklat terletak di Desa Kepanjenkidul, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dari pusat kota Blitar, waktu tempuh menuju wisata Kampung Coklat hanya sekitar 35 menit dengan kendaraan pribadi.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk masuk ke Kampung Coklat, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang. Wisata Kampung Coklat buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Sarana Akomodasi Terdekat

Bagi pengunjung yang ingin menginap di dekat lokasi wisata Kampung Coklat, tersedia berbagai macam penginapan yang bisa dipilih seperti hotel, homestay, dan Villa dengan tarif sesuai budget dan kebutuhan.

Kesimpulan

Wisata Edukasi Kampung Coklat adalah wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para pecinta coklat dan orang-orang yang ingin menambah wawasan tentang proses pembuatan coklat. Selain menawarkan edukasi, fasilitas yang ada di Kampung Coklat juga menyenangkan bagi anak-anak. Jangan lupa untuk merencanakan liburan ke wisata Kampung Coklat di Kabupaten Blitar, Jawa Timur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *