Wisata Edukasi di Blitar: Meresapi Keindahan Sejarah dan Budaya Lokal

Blitar adalah salah satu kota di Jawa Timur yang kaya akan sejarah dan budaya lokalnya. Dalam perjalanan wisata edukasi, Blitar bisa menjadi salah satunya yang layak untuk dijelajahi. Terdapat banyak destinasi wisata di Blitar yang dapat memberikan pengalaman yang mendalam dalam mengenal sejarah dan budaya lokalnya.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata edukasi yang wajib dikunjungi saat berwisata di Blitar:

Daftar Isi Artikel

1. Candi Penataran

Candi Penataran terletak di Desa Nglegok, Kecamatan Blitar, sekitar 15 km dari pusat kota. Candi ini merupakan salah satu dari banyaknya candi yang terdapat di Jawa Timur. Candi Penataran memiliki arsitektur yang indah dan unik. Selain itu, di candi ini terdapat relief yang menceritakan kisah-kisah dari kitab-kitab suci Hindu, Budha dan Jawa kuno. Pengunjung dapat menikmati keindahan Candi Penataran sambil belajar mengenai sejarah dan kehidupan budaya masyarakat Jawa pada masa lalu.

2. Museum Bung Karno

Museum Bung Karno terletak di Jalan Soekarno-Hatta No. 165, sebelah barat kompleks Makam Bung Karno atau Taman Makam Pahlawan. Museum ini dulunya merupakan rumah dinas Presiden pertama RI, Ir. Soekarno saat masa kecilnya tinggal di Blitar. Setelah diresmikan pada tahun 2004, rumah ini dijadikan museum sekaligus menjadi tempat konservasi dan pemajangan benda-benda koleksi Ir. Soekarno. Pengunjung dapat menikmati indahnya rumah klasik bersejarah dan mengenal lebih jauh mengenai kehidupan dan karier Bung Karno sebagai Pahlawan Kemerdekaan Indonesia.

3. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan terletak di Jalan Warna Warni, Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing malang. Dalam kunjungannya ke Blitar, jangan lewatkan untuk singgah ke kampung yang berwarna-warni ini. Di sana, pengunjung akan menyaksikan jalan-jalan yang berwarna-warni dan rumah-rumah warga yang dihias lukisan kreatif yang unik. Selain itu, di sana juga terdapat spot-spot menarik untuk foto-foto yang instagramable. Pengunjung dapat belajar tentang seni dan budaya lokal yang tercermin dalam seni dan desain pada kampung ini.

4. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo terletak di Jalan Coban Rondo No.1, Pandesari, Pujon, Malang. Tempat ini berjarak sekitar 2 jam dari kota Blitar. Air terjun yang mempesona ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang sangat asri. Pengunjung dapat belajar tentang keanekaragaman hayati di sekitar air terjun, seperti berbagai macam flora dan fauna yang hidup di sana. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sambil meresapi suasana yang tenang dan damai.

5. Goa Tetes

Goa Tetes terletak di Jalan Raya Kademangan, Kademangan, Kecamatan Kesamben, Blitar. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit berbentuk menakjubkan, serta air tetes yang jatuh dari langit-langit goa seperti payung berwarna-warni. Pengunjung dapat melihat keindahan alam serta keunikan formasi stalaktit dan stalakmit di dalam goa sambil belajar tentang geologi dan keanekaragaman hayati yang ada di sana.

Itulah beberapa destinasi wisata edukasi yang wajib dikunjungi saat berwisata di Blitar. Dalam mengunjungi tempat-tempat tersebut, pengunjung akan meresapi sejarah dan budaya lokal Blitar yang sangat kaya dan unik. Selain itu, pengunjung dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman tentang keanekaragaman hayati serta lingkungan sekitarnya. So, jangan lewatkan kesempatan untuk berwisata edukasi di Blitar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *