Wisata Dekat Sunan Gunung Jati yang Indah

Daftar Isi Artikel

Menikmati Pesona Sejarah Sunan Gunung Jati

Wisata sejarah selalu menjadi destinasi yang menarik bagi banyak orang. Apalagi jika berkaitan dengan kebesaran dan kehebatan bangsa Indonesia. Salah satu destinasi wisata sejarah yang indah dan menarik di provinsi Jawa Barat adalah Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati adalah tokoh agama Islam ternama di Jawa pada abad ke-16. Beliau memainkan peran penting dalam penyebaran agama Islam di Jawa Barat, terutama di Cirebon.

Banyak tempat wisata dan rumah-rumah Sunan Gunung Jati yang dapat dijelajahi dan dinikmati. Beberapa di antaranya adalah:

1. Masjid Agung Gunung Jati

Mendirikan Masjid Agung Gunung Jati menjadi salah satu warisan Sunan Gunung Jati. Masjid ini dibangun antara tahun 1448 dan 1481 pada masa pemerintahan Dewi Suci di Kerajaan Cirebon, dan selesai dibangun pada masa pemerintahan Syarif Hidayatullah pada tahun 1568. Masjid Agung Gunung Jati menjadi objek wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Makam Syarif Hidayatullah

Makam Syarif Hidayatullah adalah salah satu makam dari tokoh-tokoh agama Islam terkemuka di Cirebon yang bertarikh 1570. Makam ini memperingati jasa-jasa Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa.

3. Pendopo Agung Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan adalah istana yang dibangun oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1512. Pendopo Agung adalah salah satu bagian dalam kompleks keraton dan merupakan bangunan yang cukup megah dan indah. Ada banyak koleksi-koleksi seni yang dipajang di dalam pendopo, di antaranya adalah prasasti-prasasti kuno dan gamelan.

4. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi adalah taman yang dibangun pada masa pemerintahan Sunan Gunung Jati. Taman ini dibangun untuk memperindah istana dan juga sebagai tempat berkumpulnya keluarga kerajaan. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan juga arsitektur bangunan yang megah di tempat ini.

Menikmati Keindahan Alam di Sekitar Sunan Gunung Jati

Selain tempat-tempat wisata sejarah, terdapat juga beberapa lokasi wisata alam di sekitar Sunan Gunung Jati yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas adalah salah satu kebun raya yang berada di bawah naungan LIPI. Kebun ini memiliki koleksi tumbuhan dari berbagai belahan dunia yang berjumlah lebih dari 3000 spesies. Keindahan alam yang memukau dengan pemandangan Gunung Gede-Pangrango ditambah dengan aneka flora yang menarik menjadikan kebun raya ini tempat wisata yang sangat layak dikunjungi.

2. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat yang berdiri dengan tegaknya di tengah-tengah alam barat Jawa. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan mendaki gunung dapat mengunjungi tempat ini. Pemandangan yang memukau akan membuat wisatawan merasa puas dengan perjalanan yang telah dilakukan.

Kesimpulan

Sunan Gunung Jati adalah salah satu tokoh agama Islam dan sejarah Jawa yang penting. Beliau memainkan peran penting dalam penyebaran agama Islam di Jawa. Ada banyak tempat wisata dan keindahan alam yang dapat dinikmati di sekitar Sunan Gunung Jati. Kendati memiliki pesona sejarah yang banyak, wisatawan takkan merasa bosan jika berkunjung ke sana. Wisatawan akan merasa puas dengan keindahan alam dan wisata sejarah yang terdapat di tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *