Wisata Arum Jeram di Kalimantan Tengah: Serunya Rafting di Sungai Kahayan

Wisata arum jeram atau white water rafting merupakan salah satu aktivitas wisata petualangan yang sangat diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara. Bagi Anda yang suka dengan tantangan dan ingin merasakan sensasi menantang di air sungai, maka Anda harus mencoba untuk berkunjung ke wisata arum jeram di Kalimantan Tengah yang terkenal dengan serunya rafting di Sungai Kahayan.

Daftar Isi Artikel

Mengenal Sungai Kahayan

Sungai Kahayan adalah salah satu dari sungai besar yang ada di Kalimantan Tengah, dengan panjang sekitar 620 kilometer dan mengalir ke Laut Jawa. Sungai ini diapit oleh pegunungan yang termasuk dalam cagar alam Gunung Mas yang menjadi habitat bagi satwa liar seperti orangutan, bekantan, dan berbagai jenis satwa lainnya. Selain itu, di sekitar sungai juga terdapat hutan tropical yang masih alami serta air terjun yang menakjubkan.

Pengalaman Arum Jeram di Sungai Kahayan

Rafting di Sungai Kahayan memang bukanlah hal yang mudah, namun sebanding dengan keseruan dan kemeriahan yang akan Anda rasakan. Ada beberapa jenis arum jeram yang bisa diikuti sesuai dengan level kesulitan yang dipilih. Mulai dari level pemula hingga level profesional.

Untuk level pemula, Anda akan melewati beberapa jeram dengan tingkat kesulitan yang rendah. Namun tentunya Anda akan tetap merasakan sensasi mengarungi aliran air yang deras dan menantang. Sementara untuk level yang lebih tinggi, misalnya level profesional, Anda akan melewati jeram-jeram yang lebih sulit dan menantang. Di sisi lain, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah di sepanjang Sungai Kahayan.

Keunikan Rafting di Sungai Kahayan

Tak hanya serunya menantang arum jeram, namun rafting di Sungai Kahayan juga memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari wisata arum jeram di tempat lainnya. Salah satunya adalah keindahan alam yang masih alami dengan view hutan dan pegunungan yang hijau menyegarkan mata. Di beberapa titik, Anda juga akan menemukan air terjun yang menakjubkan dan menjadi spot foto yang instagramable.

Bagaimana Cara Menuju Sungai Kahayan?

Untuk menuju ke Sungai Kahayan, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor atau bus dari Palangka Raya ke Kuala Kapuas. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan kapal motor atau speedboat melewati Sungai Kahayan menuju lokasi rafting.

Kesimpulan

Rafting di Sungai Kahayan adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan, terutama bagi para penggemar wisata petualangan. Selain serunya menantang arum jeram, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang masih alami dan menakjubkan. Jadi, tunggu apa lagi? Ajak teman, keluarga, atau pasangan Anda untuk berkunjung ke wisata arum jeram di Kalimantan Tengah dan nikmati sensasi serunya rafting di Sungai Kahayan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *