Video Obyek Wisata Petilasan Sunan Bonang Rembang yang Memukau

Petilasan Sunan Bonang atau juga dikenal dengan sebutan Astana Bonang adalah salah satu obyek wisata sejarah di Rembang, Jawa Tengah, yang memiliki keindahan tersendiri. Terletak tidak jauh dari pusat kota Rembang, obyek wisata ini menjadi pilihan destinasi terbaik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan peninggalan sejarah Kerajaan Demak.

Daftar Isi Artikel

Keindahan Petilasan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang menyajikan nuansa sejarah yang begitu menawan dengan bentuk arsitekturnya yang khas. Ditempat ini, Anda akan menemukan kompleks makam yang dibangun megah dengan balok kayu pilihan dan atap sirap. Selain itu, kompleks makam ini juga dihiasi dengan berbagai ukiran dan kaligrafi Islam yang gagah dan menawan.

Tidak hanya arsitekturnya yang menarik, Petilasan Sunan Bonang juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang memukau. Lingkungan sekitarnya yang cocok untuk wisata alam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Anda bisa menikmati panorama pegunungan, sawah, dan perbukitan yang cantik dan hijau.

Sejarah Petilasan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang merupakan peninggalan sejarah dari salah satu tokoh penting di Kerajaan Demak, yaitu Sunan Bonang. Sunan Bonang dikenal sebagai ulama besar yang sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Jawa serta memberikan pengaruh besar dalam sejarah Kesultanan Demak.

Sesuai namanya, Petilasan Sunan Bonang menjadi tempat yang dipercaya sebagai makam Sunan Bonang dan para pengikut setianya yang telah meninggal. Selain itu, kompleks makam ini juga menjadi pusat kegiatan agama dan kebudayaan Islam yang masih digunakan hingga saat ini.

Aktivitas di Petilasan Sunan Bonang

Selain menikmati keindahan arsitektur dan panorama alam sekitar, di Petilasan Sunan Bonang juga terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Ziarah ke makam Sunan Bonang.
  2. Mengikuti kegiatan keagamaan seperti pengajian, tahlilan dan doa bersama.
  3. Belajar tari dan musik tradisional Islam di sosok Sunan Bonang yang terkenal sebagai pencipta Seni Kuda Lumping.
  4. Berbelanja oleh-oleh khas Rembang seperti madu dan kerajinan tangan.

Cara Menuju Petilasan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang berada di Jalan Raya Tuban-Temanggung Km 88.5, Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Lokasi obyek wisata ini sangat mudah dijangkau dari pusat kota Rembang dan kota-kota lain di sekitarnya. Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau sewa mobil dan motor.

Kesimpulan

Petilasan Sunan Bonang adalah obyek wisata sejarah yang begitu indah dan memukau di Rembang. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan arsitektur, panorama alam, serta kegiatan keagamaan dan kebudayaan Islam yang khas. Jika Anda sedang berkunjung ke Rembang, jangan lupa untuk mengunjungi Petilasan Sunan Bonang untuk merasakan nuansa sejarah dan keindahan alamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *