Tips Wisata ke Baluran: Keindahan Hutan Tengah Jawa Timur

Jawa Timur memiliki beragam destinasi wisata yang menjanjikan bagi para wisatawan. Salah satunya adalah Taman Nasional Baluran yang terletak di bagian timur laut pulau Jawa. Taman nasional ini menawarkan keindahan flora dan fauna yang sangat istimewa. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Baluran, berikut adalah beberapa tips wisata ke Baluran yang perlu kamu ketahui.

Daftar Isi Artikel

Memilih Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Baluran memiliki cuaca panas dan kering sepanjang tahun. Oleh karena itu, disarankan bagi kamu untuk berkunjung ke Baluran pada musim hujan atau saat cuaca sedang mendung. Selain itu, jangan lupa membawa perlengkapan yang sesuai seperti jaket atau payung. Hindari juga berkunjung pada hari-hari libur nasional atau weekend karena akan sangat ramai.

Menyusun Rencana Perjalanan dengan Matang

Sebelum berkunjung ke Baluran, pastikan kamu sudah menyusun rencana perjalanan dengan matang. Hal ini berguna agar kamu tidak melewatkan objek wisata yang penting. Ada beberapa rute perjalanan yang bisa kamu pilih, seperti Kawah Baluran, Pantai Bama, Savana Bekol, dan Tambakrejo Mangrove. Pastikan kamu memperhatikan jadwal buka Tutup dan pernikahan prosesi lokal yang diadakan di sana.

Memilih Akomodasi yang Tepat

Baluran terletak di area pedesaan, sehingga perlu mempersiapkan penginapan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin merasakan pengalaman bermalam di tengah savana, maka pilihlah penginapan di sekitar Savana Bekol. Namun, jika ingin merasakan suasana pantai, kamu bisa memilih penginapan di sekitar Pantai Bama.

Mengenali Flora dan Fauna di Baluran

Baluran memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat menarik. Kamu bisa melihat berbagai jenis satwa seperti banteng, rusa, dan kijang. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai jenis burung yang hidup di Taman Nasional Baluran seperti merak, elang, dan burung hantu. Jangan lupa membawa peralatan fotografi yang memadai agar bisa mengambil foto yang istimewa.

Menerapkan Prinsip LNT (Leave No Trace)

Saat berkunjung ke Baluran, jangan lupa untuk menerapkan prinsip LNT (Leave No Trace). Ini berarti kamu harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak flora dan fauna yang ada di sana. Ingatlah, Baluran adalah aset kekayaan alam yang perlu dijaga bersama.

Menyewa Kendaraan yang Sesuai

Baluran memiliki luas area yang cukup besar, sehingga kamu harus mempersiapkan kendaraan yang sesuai untuk menjelajahinya. Kamu bisa menyewa kendaraan seperti jeep atau motor trail yang akan membawa kamu berkeliling Taman Nasional Baluran. Pastikan kendaraan yang disewa dalam kondisi prima dan tidak merusak jalur perjalanan.

Dengan mengikuti tips wisata ke Baluran di atas, dijamin kamu akan bisa menikmati keindahan alam Taman Nasional Baluran dengan maksimal. Jangan lupa membawa perlengkapan yang sesuai dan selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar sana. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *