Tips Liburan Hemat ke Jogja

Jogja adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Selain memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Jogja juga memiliki sejarah yang sangat kaya dan budaya yang unik. Namun, meskipun kota ini sangat menarik untuk dikunjungi, biaya liburan ke Jogja bisa cukup mahal. Oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas beberapa tips liburan hemat ke Jogja yang dapat membantu Anda merencanakan liburan yang mengesankan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Daftar Isi Artikel

Cari Promo Tiket Pesawat & Hotel

Salah satu cara paling mudah untuk menghemat biaya liburan Anda adalah dengan mencari promo tiket pesawat dan hotel. Beberapa situs web seperti Traveloka, Agoda, dan Booking.com menawarkan promo yang cukup menarik. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi seperti Airy Rooms, ZenRooms, dan Traveloka untuk mencari hotel yang sesuai dengan bujet Anda. Pastikan juga untuk memesan tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari, karena biasanya harga tiket pesawat dan hotel akan lebih murah jika dipesan sebelum masa liburan tiba.

Kunjungi Destinasi Wisata yang Gratis

Selain destinasi wisata yang memerlukan tiket masuk, Jogja juga memiliki beberapa tempat wisata gratis yang dapat Anda kunjungi. Misalnya Taman Sari Yogyakarta, Malioboro, Alun-Alun Kidul, dan masih banyak lagi. Selain gratis, destinasi wisata ini juga memiliki nilai sejarah dan keindahan alam yang memukau.

Manfaatkan Transportasi Umum

Selain taksi dan Grab, Jogja juga memiliki beberapa transportasi umum yang dapat Anda manfaatkan, seperti Trans Jogja dan kereta api. Trans Jogja adalah moda transportasi umum yang menghubungkan ke berbagai destinasi wisata di Jogja dengan biaya yang cukup murah, yaitu hanya sekitar Rp 3.600,- per orang. Jika Anda ingin menjelajahi kota Jogja dengan kereta api, Anda juga dapat memanfaatkan commuter line yang menghubungkan kota Jogja dengan kota-kota lain di Jawa. Selain murah, transportasi umum juga cukup nyaman dan aman.

Cari Makanan Murah

Jogja selain terkenal dengan keindahan alam dan sejarahnya, juga terkenal dengan makanan lezat yang banyak dijual di pinggir jalan. Mulai dari nasi kucing, gudeg, bakmi Jawa, ayam goreng, hingga satay. Namun, jika Anda ingin menghemat biaya, sebaiknya cari makanan murah di pasar tradisional atau warung makan. Beberapa pasar tradisional seperti Pasar Bringharjo dan Pasar Kranggan merupakan tempat yang tepat untuk mencari makanan murah namun enak.

Berburu Oleh-oleh di Pasar Beringharjo

Jogja terkenal sebagai kota wisata belanja. Salah satu tempat yang populer untuk berburu oleh-oleh adalah Pasar Beringharjo. Di pasar ini, Anda dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja, seperti batik, gula jawa, bakpia, dan banyak lagi. Namun, sebaiknya jangan beli barang-barang di area yang terlalu ramai, karena biasanya harganya lebih mahal. Cobalah mencari barang yang Anda inginkan di area yang lebih tenang.

Menginap di Rumah Makan

Jika ingin merasakan pengalaman unik, Anda dapat mencari penginapan di sekitar rumah makan atau warung makan. Biasanya, banyak rumah makan dan warung makan di kota Jogja juga menyediakan kamar tidur untuk para tamu yang ingin menginap. Biaya menginap di tempat seperti ini biasanya lebih terjangkau daripada biaya menginap di hotel.

Kesimpulan

Jogja adalah kota yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan, sejarah yang kaya, dan budaya yang unik. Oleh karena itu, tidak heran jika kota ini menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia. Namun, biaya liburan ke Jogja bisa cukup mahal. Dengan memanfaatkan beberapa tips di atas, seperti mencari promo tiket pesawat dan hotel, mengunjungi destinasi wisata yang gratis, manfaatkan transportasi umum, mencari makanan murah, berburu oleh-oleh di Pasar Beringharjo, dan menginap di rumah makan, Anda dapat merencanakan liburan hemat ke Jogja yang tidak hanya mengesankan, tetapi juga dapat menghemat biaya liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *