Tips Bepergian dengan Bayi Naik Pesawat

Banyak orang tua yang menghindari bepergian dengan bayi naik pesawat karena khawatir akan menyusahkan penumpang lain. Namun, tidak perlu khawatir, ada banyak tips yang bisa Anda terapkan untuk memudahkan perjalanan Anda dan bayi. Berikut ini adalah beberapa tips bepergian dengan bayi naik pesawat yang bisa Anda terapkan.

Daftar Isi Artikel

Persiapan Sebelum Penerbangan

1. Pilih maskapai yang tepat

Pilihlah maskapai yang memberikan layanan khusus untuk bayi seperti tempat duduk yang lebih luas, fasilitas untuk menyusui, dan fasilitas untuk menghangatkan susu. Sebelum memesan tiket, pastikan Anda melakukan research terlebih dahulu mengenai maskapai yang paling cocok untuk Anda dan bayi.

2. Pilih tempat duduk yang benar

Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan area toilet. Hal ini akan memudahkan Anda saat mengganti popok atau menenangkan bayi yang rewel.

3. Bawa perlengkapan bayi yang dibutuhkan

Pastikan Anda membawa perlengkapan bayi seperti diapers, baju ganti, susu, botol, dan mainan. Pastikan Anda membawa beberapa persediaan perlengkapan bayi lebih banyak dari yang Anda butuhkan, jangan sampai kehabisan di tengah-tengah perjalanan.

Saat Di Pesawat

1. Menjaga kesehatan bayi

Pastikan bayi Anda terlindungi dari paparan sinar matahari langsung dengan tutup tirai pada jendela. Segera lap tangan bayi dengan tissue anti-bakteri atau tissue basah ketika tiba di tempat duduk Anda. Pastikan Anda tetap terhidrasi dan menyusui bayi Anda selama take-off dan landing untuk membantu meredakan tekanan pada telinga.

2. Kenali kebutuhan bayi

Kenali kebutuhan bayi Anda, jika mereka rewel atau kelaparan segera berikan mereka susu atau mainan kesukaan mereka. Selalu perhatikan bayi Anda, penuhi kebutuhan mereka jika dibutuhkan.

3. Mengatasi tekanan telinga bayi

Selama take-off dan landing, bayi Anda bisa terkena tekanan pada telinga mereka. Untuk mengurangi tekanan pada telinga, sisipkan cotton bud pada telinga bayi. Jangan lupa untuk selalu melakukan hal ini dengan hati-hati dan pastikan cotton bud tidak terlalu dalam masuk ke dalam lubang telinga.

Setelah Pendaratan

1. Tetap tenang dan sabar

Bayi Anda mungkin akan merasa tidak nyaman atau rewel setelah pendaratan. Tetap tenang dan sabar, bantu mereka merasa nyaman dengan membawa mereka keluar dari pesawat dan mengganti popok mereka jika dibutuhkan.

2. Jangan terburu-buru

Setelah pendaratan, jangan terburu-buru untuk keluar dari pesawat. Pastikan Anda membawa semua perlengkapan bayi Anda dan memastikan bayi Anda siap untuk pergi.

Kesimpulan

Perjalanan dengan bayi naik pesawat bisa jadi sedikit menantang, namun dengan sedikit persiapan dan pemahaman akan kebutuhan bayi Anda, perjalanan bisa menjadi menyenangkan dan lancar. Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa memperkecil kemungkinan masalah yang terjadi selama perjalanan dan membuat bayi Anda merasa nyaman selama perjalanan. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *