Ruang Lingkup Maqam Sunan Drajad sebagai Wisata Religi yang Memukau

Maqam Sunan Drajad terletak di Desa Kalangbret, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sunan Drajad adalah putra dari Sunan Ampel, salah satu wali songo yang sangat terkenal di Indonesia. Saat ini, tempat ini telah menjadi tujuan wisata religi yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Daftar Isi Artikel

Wisata Religi yang Memukau

Sunan Drajad dikenal sebagai seorang ulama dan sufi yang terkenal di kalangan pemeluk agama Islam. Makamnya dijadikan tempat untuk menghormati dan mengenang jasa-jasanya sebagai seorang pejuang agama. Keunikan dari tempat ini terletak pada keindahan bangunan masjid dan tradisi yang dilakukan masyarakat sekitar.

Orang-orang yang datang ke Maqam Sunan Drajad biasanya bukan hanya untuk berziarah ke makam Sunan Drajad, tetapi juga untuk beribadah di masjidnya dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Anda dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang indah dari atap masjid.

Keunikan Masjid di Maqam Sunan Drajad

Masjid di Maqam Sunan Drajad memiliki arsitektur yang sangat unik dan berbeda dari masjid-masjid lainnya. Arsitekturnya mencakup gaya Bali, Jawa, dan Arab yang membuat tempat ini terlihat sangat khas. Ada banyak dekorasi yang indah di dalam masjid, mulai dari ukiran kayu hingga kaligrafi Arab.

Selain itu, masjid ini memiliki tempat wudhu yang sangat bersih dan luas untuk para pengunjung yang ingin beribadah. Tidak hanya masjid, di sini juga terdapat banyak fasilitas lain, seperti mushola, tempat parkir, dan restoran.

Tradisi Unik di sekitar Maqam Sunan Drajad

Masyarakat sekitar Maqam Sunan Drajad memiliki tradisi unik yang selalu dilakukan setiap tahunnya pada bulan Muharram. Tradisi ini dikenal dengan sebutan "Nyadran". Selama Nyadran, masyarakat setempat membersihkan makam Sunan Drajad dan memasang bendera yang indah di sekitar makam.

Selain itu, pada saat itu juga digelar acara gotong royong membersihkan desa sekitar dan memperbaiki Jalan Lingkar Maqam Drajad. Acara ini sangat meriah dan dihadiri oleh banyak orang dari berbagai daerah.

Pengalaman Wisata yang Tak Terlupakan

Jika Anda ingin mengunjungi Maqam Sunan Drajad, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Pada hari biasa, tempat ini buka dari pagi hingga sore hari. Namun pada hari tertentu seperti peringatan Maulid Nabi atau Nyadran, tempat ini dibuka hingga malam hari.

Anda dapat menginap di sekitar Maqam Sunan Drajad. Terdapat banyak penginapan yang dijual dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat menikmati berbagai makanan khas daerah di restoran yang ada di dalam kompleks Maqam Sunan Drajad.

Kesimpulan

Maqam Sunan Drajad adalah sebuah tempat yang sangat indah dan spiritual bagi setiap orang yang ingin mengenal lebih jauh sejarah dan tradisi Islam. Diharapkan artikel ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang tempat ini dan menginspirasi Anda untuk mengunjunginya. Jangan lupa menyiapkan kamera dan peralatan lainnya untuk mengabadikan momen indah di Maqam Sunan Drajad. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *