Mencicipi Kelezatan Wisata Kuliner Kuningan Jawa Barat

Jawa Barat, terutama di daerah Kuningan, memiliki warisan kuliner yang kaya dan unik. Daerah ini memang terkenal dengan variasi kuliner yang lezat dan beragam. Berikut adalah beberapa wisata kuliner kuningan jabar yang harus dicicipi!

Daftar Isi Artikel

Sate Maranggi

Sate Maranggi menjadi ikon kuliner tradisional Kuningan. Sate ini terbuat dari daging sapi muda yang dipotong tipis dan diiris-iris. Kemudian daging tersebut dibakar dengan api arang dan dilumuri dengan bumbu khas. Rasanya yang gurih dan juicy menjadikan sate ini menjadi favorit para wisatawan lokal dan internasional.

Kue Nagasari Oyek

Nagasari Oyek adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan, air, dan gula merah yang diberi isian ketan putih dan pisang. Kue ini dipanggang dalam daun pisang sehingga aroma harum daun pisang terserap pada kue. Nagasari Oyek menjadi camilan wajib bagi wisatawan yang mengunjungi Kuningan.

Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud adalah hidangan berkuah yang akarnya berasal dari kota Cirebon. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam air bersama rempah-rempah seperti serai, kunyit, dan ketumbar. Setelah matang, daging disajikan dalam mangkuk khusus dengan kuah gurih. Rasanya yang nikmat membuat hidangan ini menjadi menu kuliner pilihan.

Ayam Panggang Pucuk Krueng

Ayam panggang pucuk krueng adalah hidangan yang populer di Kuningan. Ayam dipanggang dengan rempah-rempah yang khas dan disajikan dengan nasi uduk, sambal, dan lalapan. Citra rasa dari hidangan ini berasal dari racikan rempah-rempah yang kaya.

Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu menjadi sajian penutup yang lezat bagi para pelancong. Masakan yang terbuat dari santan kelapa, air gula merah, tepung ketan, dan daun pandan ini terasa sangat segar dan manis. Beberapa penjual di Kuningan menawarkan variasi es dawet ayu dengan topping seperti alpukat atau durian.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa contoh kuliner yang khas di Kuningan, Jawa Barat. Dengan varian yang beragam, kuliner kuningan jabar ini memiliki rasa yang lezat dan unik. Dari sate, kue tradisional, hingga hidangan berkuah, setiap hidangan direkomendasikan untuk dicoba. Makan sajian kuliner ini akan membawa Anda ke dalam wisata kuliner yang tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *