Keraton Kasepuhan: Obyek Wisata Budaya dan Sejarah Peninggalan Sunan

Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Keraton Kasepuhan yang terkenal sebagai obyek wisata budaya dan sejarah peninggalan Sunan. Letaknya terletak di Kota Cirebon dan disebut sebagai sebuah peninggalan sejarah peninggalan Sunan Gunung Jati.

Daftar Isi Artikel

Sejarah Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan didirikan oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1529. Keraton ini menjadi tempat tinggal kesultanan Cirebon dan pusat pemerintahan. Keraton ini didirikan saat Islam mulai masuk ke pulau Jawa dan menjadi tempat berkumpulnya para pemuka agama.

Seiring berjalannya waktu, Keraton Kasepuhan juga mengalami perubahan yang signifikan. Keraton ini diperluas dan dikembangkan oleh penguasa Cirebon pada masa kejayaannya. Selain itu, Keraton Kasepuhan juga menjadi saksi bisu periode kejayaan Sultan Sepuh XIII.

Keindahan Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan memiliki keindahan yang unik. Sebagai obyek wisata budaya, Keraton Kasepuhan menyimpan nilai-nilai budaya Jawa yang masih sangat kuat. Selain itu, Keraton Kasepuhan juga memiliki arsitektur bangunan yang indah dan megah.

Keraton Kasepuhan terdiri dari lima pintu gerbang yang mempunyai filosofi kehidupan dan salah satunya terkenal dengan kisah patih Danurejo, yang dianggap sebagai tokoh kebudayaan tersohor. Di dalam Keraton terdapat banyak ruang dengan fungsi yang berbeda, seperti ruang perpustakaan, ruang musik, ruang balairung, dan ruang orang Dewan, yang digunakan untuk mengadakan rapat kerajaan.

Objek Wisata di sekitar Keraton Kasepuhan

Selain Keraton Kasepuhan, di sekitar area wisata juga terdapat banyak objek wisata menarik yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid At-Taqwa yang memiliki arsitektur yang mirip dengan Masjid Demak. Masjid ini dihadirkan sebagai simbol toleransi Antar umat beragama.

Tak jauh dari Keraton Kasepuhan, terdapat Museum Keramik. Museum ini menyimpan koleksi keramik dari masa kejayaan Kerajaan Cirebon. Museum ini sempat menjadi tempat pengolahan rumah sakit saat masa pendudukan Jepang, hingga akhirnya diubah menjadi museum pada tahun 1976.

Beberapa Cara Mengunjungi Keraton Kasepuhan

Jika Anda ingin mengunjungi Keraton Kasepuhan, ada banyak cara untuk menuju lokasi wisata ini. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Jika Anda memilih kendaraan umum, Anda bisa naik bus langsung ke Terminal Setiyabudi atau Terminal Harjamukti.

Dari dua terminal tersebut, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti angkot atau becak motor untuk menuju ke lokasi wisata. Namun, jika Anda lebih memilih naik taksi atau ojek, pastikan Anda mengetahui perbedaan tarif antara kedua kendaraan tersebut.

Kesimpulan

Keraton Kasepuhan adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Kota Cirebon. Keindahan arsitektur bangunan Keraton dan nilai-nilai kebudayaan yang ada di dalamnya akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Selain itu, di sekitar lokasi wisata terdapat berbagai objek wisata yang menarik dan mampu memperkaya pengalaman liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *