Ingin Naik Gunung Menggunakan Bis? Ikuti Tips Membawa Perlengkapanmu dengan Baik

Jika Anda adalah pecinta alam dan naik gunung adalah salah satu kegiatan favorit Anda, Anda pasti tahu betapa pentingnya memiliki perlengkapan yang tepat untuk mendaki gunung dengan sukses dan aman. Namun, membawa perlengkapan pendakian yang lengkap dengan menggunakan bis bisa menjadi tugas yang menantang. Oleh karena itu, di dalam artikel ini kami akan memberikan tips dan trik bagi Anda yang ingin naik gunung menggunakan bis.

Daftar Isi Artikel

Menyusun Daftar Perlengkapan Pendakian

Sebelum membawa perlengkapan pendakian menggunakan bis, ada baiknya Anda menyusun daftar terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu Anda memastikan bahwa semua perlengkapan penting telah disiapkan dengan baik. Daftar perlengkapan yang baik harus terdiri dari bakal kebutuhan dasar seperti tenda, sleeping bag, matras, kompor, gas, juga kelengkapan yang lebih kecil seperti pisau, obeng, obat-obatan, peta, serta sistem navigasi.

Ada banyak aplikasi di smartphone yang dapat membantu Anda mempersiapkan perlengkapan pendakian Anda, seperti aplikasi hiking, softwares atau website tentang hiking dan mountaineering yang tersedia di internet. Anda dapat mencoba aplikasi Hiking Project, Hiking Trailhead, REI Co-op, atau Mountain Project yang menyediakan segala kebutuhan dan informasi tentang hiking.

Mengemas Barang dengan Baik

Mengemas barang adalah langkah selanjutnya yang harus dilakukan dengan hati-hati. Ketika mengemas barang pada tas yang berukuran kecil, sebaiknya Anda mulai dengan barang-barang yang lebih besar seperti tenda, sleeping bag, dan matras. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan mengemas perlengkapan yang lebih kecil dan lebih ringan secara terpisah pada tas lain.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa barang-barang yang mudah rusak, seperti kaca mata atau air matra, dikemas dengan sangat hati-hati. Sebaiknya Anda juga membawa kantong plastik kecil sebagai sarana tambahan yang berfungsi sebagai wadah pelengkap jika perlengkapan terpisah.

Menentukan Berat dan Kapasitas Tas

Kapasitas tas yang dibutuhkan oleh pendaki sangat tergantung pada memori perlengkapannya, berapa lamanya pendakian, dan kemampuan seorang pendaki. Ketika menggunakan bis, Anda harus pertimbangkan bahwa biasanya bis hanya memperbolehkan kapasitas 20-25 kg per orang.

Sebaiknya Anda mencoba untuk menimbang barang-barang yang akan Anda bawa terlebih dahulu agar dapat memperkirakan berapa besar kapasitas tas yang dibutuhkan. Jangan membawa barang yang tidak diperlukan dan pastikan untuk membagi beban antara tas spesifik yang berbeda agar lebih nyaman saat membawanya.

Menyiapkan Perlengkapan Berdasarkan Cuaca

Ketika akan melakukan pendakian, jangan lupa untuk memeriksa perkiraan cuaca terlebih dahulu agar dapat mempersiapkan perlengkapan secukupnya. Jika cuaca diprediksi hangat dan bersih, Anda dapat membawa perlengkapan yang lebih ringan seperti matras dan sleeping bag ringan. Namun, Anda juga perlu mempersiapkan jaket dan pakaian tebal jika keadaan cuaca berubah menjadi sangat dingin.

Sekarang ini banyak tersedia tarikan dengan bahan yang sudah dikhususkan untuk kegiatan pendakian. Sabuk pinggang tas gunung juga kini dilengkapi dengan kantong-kantong terpisah dan bersudut sehingga memudahkan menempatkan helm atau botol air.

Menjaga Keamanan Tas dan Isinya

Tas Anda kemungkinan akan di bawa dalam jarak jauh dan juga memiliki kemungkinan dapat terjatuh atau dicuri. Oleh karena itu, selalu catat nomor bis yang Anda naiki, taruh tag nama dan informasi kontak dengan jelas di tas Anda. Jangan letakkan barang yang sangat berharga dalam tas samping, namun selalu bawa bersama barang yang paling penting misal ponsel, kamera, atau kartu identitas di tas gendong atau tas tangan, untuk di jaga dan di pantau dengan lebih baik dan dapat terhubung kapan saja jika diperlukan.

Kesimpulan

Membawa perlengkapan pendakian menggunakan bis memang memerlukan perencanaan yang tepat dan hati-hati. Namun, dengan tips dan trik yang telah kami berikan diatas, kita akan dapat lebih mudah dan nyaman saat membawa perlengkapan kita. Jadi, jika Anda ingin naik gunung menggunakan bis dengan nyaman, pastikan Anda menggunakan tips ini dan persiapkan perlengkapan Anda dengan baik sebelum berangkat sehingga dapat menikmati pendakian Anda dengan tenang dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *