Cara Belanja yang Hemat: Berhemat di Era Digital

Siapa yang tidak suka melakukan pembelanjaan? Namun, sering kali kita juga harus memikirkan pengeluaran, tentunya agar arus kas kita tidak terganggu. Maka dari itu, berbelanja tanpa mengeluarkan biaya yang mahal akan menjadi alternatif yang baik.

Teknologi yang berkembang pesat pada era digital memberikan banyak kemudahan dalam melakukan pembelian. Salah satunya dengan berbelanja online. Namun, meskipun tergolong efisien dan praktis, kita juga harus pandai dalam memilih strategi berbelanja yang tepat agar tetap bisa berhemat.

Berikut ini adalah beberapa cara belanja yang hemat:

Daftar Isi Artikel

Bergabung dengan Program Diskon dan Promo

Banyak marketplace yang menawarkan program diskon dan promo. Biasanya, program ini tergolong cukup menarik karena dapat memberikan potongan harga yang signifikan. Bahkan, beberapa brand memberikan promo eksklusif seperti cashback, hadiah setelah pembeliaan senilai tertentu atau voucher belanja.

Program diskon dan promo ini tidak hanya disediakan oleh marketplace, tetapi juga oleh kedai-kedai ritel fisik seperti supermarket, department store atau restoran. Oleh karena itu, pantau terus program-promo yang ditawarkan dan nikmati kesempatan untuk bisa berbelanja dengan lebih hemat.

Membandingkan Harga

Perlu sekali untuk melakukan perbandingan harga ketika kita ingin melakukan pembelian. Beberapa platfrom E-commerce menyediakan fitur perbandingan harga yang memungkinkan kita memilih produk dengan harga yang paling bersaing.

Selain itu, kita juga dapat menggunakan platform perbandingan harga independen seperti Priceza, iPrice atau Shopback. Dalam memilih platform perbandingan harga, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kita dan memiliki fitur-fitur terbaik untuk mendukung pembelian kita.

Menggunakan Metode Pembayaran yang Paling Menguntungkan

Metode pembayaran yang paling menguntungkan dalam bertransaksi tidak hanya bisa memberikan kemudahan, tetapi juga bonus yang dapat menghemat pengeluaran kita. Beberapa metode pembayaran seperti kartu kredit, debit atau E-wallet seringkali menawarkan promo khusus yang dapat kita nikmati.

Pastikan kita memilih metode pembayaran yang tidak memerlukan biaya tambahan seperti biaya admin atau biaya transaksi sehingga bisa lebih hemat.

Memilih Produk Berkualitas Tinggi

Tidak hanya mempertimbangkan harga, kualitas produk juga penting untuk diperhatikan saat berbelanja. Produk berkualitas tinggi tentunya lebih tahan lama dan memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan sehingga lebih hemat dalam jangka waktu yang panjang.

Menjadi Member

Member menjadi alternatif yang baik ketika kita ingin mendapatkan berbagai macam keuntungan, seperti potongan harga, promo eksklusif atau hadiah langsung. Beberapa marketplace juga memberikan member point yang dapat ditukarkan dengan diskon atau hadiah setelah pembelian tertentu.

Menggunakan Promo Referral

Program promo referral memberikan kesempatan kepada kita untuk mendapatkan hadiah seperti potongan harga atau cashback saat kita mampu mengajak teman-teman kita untuk ikut bergabung dalam platform E-commerce yang kita gunakan. Rekomendasi kita bisa menjadi yang berguna bagi teman-teman kita, serta memberikan keuntungan ekstra untuk kita sendiri.

Memanfaatkan Jasa Pengirim Produk Gratis

Banyak platform E-commerce yang memberikan jasa pengiriman produk gratis tertentu untuk wilayah tertentu. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan spesifikasi tersebut, selain menghemat pengiriman, kita juga mendapatkan produk yang lebih murah.

7 strategi belanja hemat diatas adalah alternatif yang dapat kita lakukan dalam menjaga pengeluaran, serta tetap bisa memenuhi kebutuhan kita tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Dengan cara yang sederhana ini, kita bisa tetap belanja dengan lebih hemat dan efisien. Yuk, mulai menerapkan kebiasaan berbelanja hemat mulai sekarang. Happy shopping!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *