Alamat Wisata Religi Sunan Ampel, Surabaya: Kedamaian dan Ketentraman

Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Wisata Religi Sunan Ampel. Berada di jantung kota Surabaya, tempat ini menjadi pilihan para wisatawan untuk merasakan kedamaian dan ketentraman. Sunan Ampel adalah salah satu wali songo yang dikenal sebagai tokoh agama di Jawa Timur. Tempat ini menjadi tempat pemakaman Sunan Ampel yang kemudian menjadi tempat berziarah dan ibadah bagi umat Muslim.

Daftar Isi Artikel

Sejarah Sunan Ampel

Sunan Ampel dikenal sebagai seorang ulama besar yang mampu memperkenalkan agama Islam dengan cara yang damai sehingga mampu memenangkan hati penduduk setempat. Sunan Ampel lahir di Desa Bonang, Tuban di sekitar abad ke-15. Ayahnya adalah Maulana Ibrahim Asmara, seorang tokoh agama yang terkenal pada masanya. Sunan Ampel belajar agama di bawah bimbingan ayahnya serta beberapa guru agama lainnya. Setelah ayahnya meninggal, Sunan Ampel pindah ke Gresik dan mulai menyebarkan agama Islam ke masyarakat setempat. Dalam perjalanannya, Sunan Ampel juga mengajarkan kesenian seperti tari dan musik yang menjadikannya dikenal sebagai ulama yang gemar seni. Setelah meninggal, jenazahnya dimakamkan di sebuah makam di kawasan Ampel, Surabaya yang kemudian menjadi tempat ziarah bagi umat Islam.

Keindahan Wisata Religi Sunan Ampel

Wisata Religi Sunan Ampel adalah sebuah kompleks yang memiliki berbagai fasilitas untuk kegiatan ziarah, seperti masjid, makam Sunan Ampel, serta tempat parkir. Pengunjung juga dapat bersajara melalui terowongan yang menghubungkan makam Sunan Ampel dengan Masjid Agung Sunan Ampel. Masjid ini sendiri memiliki arsitektur yang unik dan berbeda dengan masjid-masjid lain di daerah tersebut. Kekhasan arsitekturnya mampu menarik perhatian wisatawan dan para fotografer untuk berfoto di bagian luar maupun dalam Masjid Agung Sunan Ampel. Di dalam kompleks ini, juga terdapat kawasan penjualan oleh-oleh khas Surabaya, seperti keripik tempe, kaos, baju Muslim, bedak dingin, dan masih banyak lagi.

Kegiatan favorit wisatawan yang berkunjung ke Wisata Religi Sunan Ampel adalah berziarah ke makam Sunan Ampel. Para pengunjung membawa bunga atau buah sebagai tanda penghormatan. Mereka juga diperbolehkan untuk berdoa di dekat makam Sunan Ampel dan menyalakan dupa sebagai bentuk ritual keagamaan. Selain itu, wisatawan juga dapat belajar sejarah Sunan Ampel, kisah perjalanan hidupnya, dan pesan-pesan keagamaan dari ulama besar tersebut.

Tips Berkunjung ke Wisata Religi Sunan Ampel

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan saat berkunjung ke Wisata Religi Sunan Ampel:

  • Pilih waktu yang tepat untuk berkunjung karena tempat ini sering dikunjungi oleh banyak orang. Sebaiknya hindari waktu liburan atau akhir pekan.
  • Sediakan uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya.
  • Kenakan pakaian yang sopan ketika berkunjung ke masjid atau makam Sunan Ampel.
  • Jangan bersuara keras atau berbuat onar di sekitar kompleks agar tetap menghargai kesakralan tempat tersebut.

Kesimpulan

Wisata Religi Sunan Ampel merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Surabaya. Selain dapat mengunjungi makam Sunan Ampel sebagai pusat ziarah, wisatawan juga dapat menikmati keindahan arsitektur Masjid Agung Sunan Ampel dan membeli oleh-oleh khas Surabaya di sekitar kompleks. Jangan lupa untuk selalu menghargai kesakralan tempat tersebut dan dapatkan pengalaman wisata religi yang berbeda di Wisata Religi Sunan Ampel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *